A.
Visi
Islami,
Modern, Mandiri dan Berakhlak Mulia
Berkepribadian
islami dengan indikator:
1.
Hafal dan fasih bacaan shalat
2.
Mampu melaksanakan shalat dengan benar (gerakan dan
tata cara shalat)
3.
Hafal dan fasih ayat-ayat pendek (Juz ‘Amma)
4.
Hafal dan fasih do’a - do’a harian muslim
5.
Tertib menjalankan sholat fardhu
6.
Tertib menjalankan salat sunah dhuha
Modern
dengan indikator:
1.
Pencapaian nilai hasil ujian diatas standar minimal
2.
Menguasai aplikasi dasar Microsoft office
3.
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT
4.
Pemanfaatan IT untuk administrasi sekolah
5.
Penggunaan web sekolah untuk system informasi sekolah
Mandiri
dengan indikator:
1.
Peserta didik punya kepercayaan diri
2.
Bangga dengan hasil pekerjaan sendiri
3.
Tidak bergantung dengan lembaga/institusi tertentu
Berakhlak
Mulia dengan indikator:
1.
Jujur, Disiplin, Sportif, Tanggungjawab dan Percaya
Diri
2.
Hormat pada orang tua dan guru
3.
Menyayangi yang lebih muda, menghargai sesama, dan
menghormati yang lebih tua,
4.
Mencintai alam dan lingkungan sekitar
5.
Mempunyai jiwa nasionalisme
6.
Peduli terhadap sesama
7.
Suka beramal
B.
Misi
Berdasarkan
visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu
misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
1.
menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran islam
sehingga siswa menjadi tekun beribadah, jujur, disiplin, sportif,
tanggungjawab, percaya diri, hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi
sesama.
2.
melaksanakan pembelajaran dan pendampingan secara
efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal,
3.
unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam
keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat.
4.
melaksanakan kegiatan ektrakurikuler secara efektif
sesuai bakat dan minat sehingga setiap siswa memilki keunggulan dalam berbagai
lomba, unggul dalam berbagai lomba olahraga, dan seni, serta unggul dalam lomba
keagamaan.
5.
menumbuhkan sikap gemar membaca dan selalu haus akan
pengetahuan.
6.
melaksanakan tata tertib sekolah secara konsisten dan
konsekuen.
7.
menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan
seluruh warga sekolah dan stake holder.
8. melaksanakan pembinaan dan penelitian siswa tentang proses pembelajaran.
9. mengadakan komunikasi dan koordinasi antarsekolah, masyarakat, orang tua dan instansi lain yang terkait secara periodik dan berkesinambungan.