Penerapan Disiplin Positif di Satuan Pendidikan
  • Admin
  • 31 Juli 2023
  • 544 x
Penerapan disiplin positif di satuan pendidikan

Apakah Sobat SMP pernah mendengar Disiplin Positif? Secara umum Disiplin Positif adalah suatu pendekatan untuk menerapkan disiplin dari dalam diri anak tanpa hukuman dan hadiah. Disiplin Positif perlu diterapkan baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Dengan menerapkan Disiplin Positif, diharapkan tindak kekerasan dapat dihindari.

Pendekatan Disiplin Positif bukan mengenai anak/peserta didik secara langsung, melainkan bagaimana cara orang dewasa yang memberikan dampak dan pengaruh positif kepada anak/peserta didik. Pendekatan Disiplin Positif menitikberatkan pendekatan yang positif tanpa kekerasan, memotivasi, merefleksi kesalahan, menghargai, membangun logika, dan bersifat jangka panjang.

Bagi Sobat SMP yang ingin mempelajari bagaimana cara menerapkan Disiplin Positif di sekolah, dapat mempelajari video-video yang dibuat oleh UNICEF Indonesia bersama Direktorat SMP di kanal Youtube milik Direktorat SMP pada tautan berikut. Rangkaian video tersebut menjelaskan mengenai empat tahap yang perlu dilakukan dalam menerapkan Disiplin Positif. 

Video pertama menjelaskan mengenai tahap pengkondisian dimana tahap pengkondisian bisa dilaksanakan dalam beberapa aktivitas, seperti melakukan sosialisasi gerakan Disiplin Positif, fasilitasi pelaksanaan sosialisasi, sosialisasi penerapan positif kepada stakeholder/orang tua,  membuat komitmen bersama dalam bentuk penandatanganan pakta integritas, dan melakukan pemetaan masalah.

Sedangkan video kedua menjelaskan mengenai tahap konsolidasi yang bertujuan untuk menyiapkan daya dukung pelaksanaan Disiplin Positif di sekolah. Beberapa aktivitas yang perlu dilakukan pada tahapan ini yaitu deklarasi gerakan Disiplin Positif, menyusun mekanisme penanganan, pelatihan substantif penerapan Disiplin Positif, dan lokakarya bagi orang tua. 

Pada video selanjutnya, Sobat SMP dapat mempelajari tahap implementasi Disiplin Positif. Implementasi Disiplin Positif ditandai dengan pembinaan peserta didik oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan saling menghargai dan tanpa hukuman. Penerapan Disiplin Positif dapat dilakukan dengan penerapan Disiplin Positif secara menyeluruh dan diintegrasikan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Di video terakhir, Sobat SMP akan memahami tahap keberlanjutan penerapan Disiplin Positif di sekolah. Agar penerapan Disiplin Positif di sekolah bisa dilaksanakan untuk jangka waktu panjang, sekolah bisa melakukan pertemuan kelas, pertemuan evaluasi, monitoring dan evaluasi, penilaian pencapaian. 

Sangat menarik dan informatif, bukan? Yuk, segera akses video-video Disiplin Positif melalui kanal Youtube Direktorat SMP sekarang juga. Semoga setelah mengakses video tersebut, Sobat SMP dapat menerapkan Disiplin Positif di sekolah masing-masing.

Sumber: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/penerapan-disiplin-positif-di-satuan-pendidikan/


Berikan Komentar

Alamat Email anda tidak akan ditampilkan. Wajib diisi untuk kolom *