Muktamar XXIII IPM: Memasuki Era Baru dengan Semangat Perubahan dan Kemajuan
Mengusung tema “Menyambut Era Baru IPM,” Muktamar XXIII IPM ini merefleksikan semangat perubahan dan kemajuan yang menjadi tujuan bersama. Nashir dengan tegas menyatakan, “Sebagai pelajar di bawah naungan Ikatan Pelajar Muhammadiyah, kita harus memiliki tekad dan semangat kuat untuk meraih masa depan yang lebih baik.”
Dihadiri Ribuan Pelajar Muhammadiyah, Pembukaan Muktamar IPM ke-23 Berlangsung Meriah
Dengan penuh kemeriahan dan semangat kebangsaan, pembukaan Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ke-23 resmi dihelat di Medan. Ribuan pelajar Muhammadiyah dari seluruh penjuru Indonesia berhimpun untuk merayakan acara bersejarah ini. Tema yang diusung dalam Muktamar kali ini adalah “Menyambut Era Baru Ikatan Pelajar Muhammadiyah,” yang mencerminkan semangat perubahan dan kemajuan dalam pendidikan Islami di Indonesia.
Fikih dalam Muhammadiyah: Lebih dari Sekadar Halal dan Haram
Fikih memiliki peran sentral dalam membimbing umat dalam menjalani kehidupan berdasarkan ajaran agama. Dalam konteks Muhammadiyah, pendekatan dalam metodologi fikih tidak sekadar berfokus pada penentuan halal dan haram semata. Metode yang digunakan dalam Fikih Muhammadiyah mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang harmoni antara berbagai elemen dalam ajaran agama, serta relevansi terhadap permasalahan kehidupan.
Takhayul dan Khurafat dalam Pandangan Muhammadiyah
Pengajian Tarjih yang berlangsung pada Rabu (02/08) tidak hanya memberikan pemahaman mengenai takhayul dan khurafat, tetapi juga menggambarkan pandangan tegas yang dipegang oleh Muhammadiyah terhadap mitos dan keyakinan yang tidak memiliki dasar ilmiah atau nash yang kuat. Dalam acara ini, Ghoffar Ismail mengedepankan pesan pencerahan yang esensial bagi umat Islam dalam memahami dan menghindari tindakan atau keyakinan yang menyimpang.
Menilik Waktu Pengerjaan dan Jumlah Soal dalam Asesmen Nasional Jenjang SMP
Apakah kalian sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang juga dikenal dengan ANBK? Masih sama seperti tahun sebelumnya, pada ANBK 2022 ini terdapat tiga instrumen. Di antaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar, dan juga Survei Karakter.
5 Miskonsepsi yang Penting Diluruskan pada Implementasi Kurikulum Merdeka
Hingga saat ini, sudah banyak satuan pendidikan yang mulai mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka lewat jalur mandiri. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat berbagai miskonsepsi terkait implementasi Kurikulum Merdeka ini sehingga perlu adanya pelurusan terhadap kesalahpahaman yang terjadi.
Penerapan Disiplin Positif di Satuan Pendidikan
Pendekatan Disiplin Positif bukan mengenai anak/peserta didik secara langsung, melainkan bagaimana cara orang dewasa yang memberikan dampak dan pengaruh positif kepada anak/peserta didik. Pendekatan Disiplin Positif menitikberatkan pendekatan yang positif tanpa kekerasan, memotivasi, merefleksi kesalahan, menghargai, membangun logika, dan bersifat jangka panjang.
Pemanfaatan Rapor Pendidikan Bagi Pemerintah Daerah
Melalui Rapor Pendidikan Daerah ini, Pemerintah Daerah dapat terbantu melakukan perencanaan dengan data yang lebih terpusat dalam menyajikan capaian indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan. Lebih mendalam dalam memberikan wawasan terkait kondisi kualitas pendidikan di setiap daerah, serta lebih terpadu dengan proses perencanaan dan penganggaran daerah.